Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apple Merilis MacBook Air M2, MacBook Pertama dengan Chipset M2

MacBook Air M2


Apple merilis MacBook Air M2 dalam acara WWDC 2022 yang diselenggarakan secara virtual via kanal Youtube Apple pada 6 Juni 2022 kemarin. Dalam acara tersebut, Apple memperkenalkan Mac baru, teknologi baru dan OS baru dan salah satunya yaitu MacBook Air M2 ini.

MacBook Air M2 hadir dalam desain baru dan teknologi baru milik Apple. Tidak seperti pendahulunya yang memiliki desain menipis ke depan, MacBook Air M2 memiliki desain layaknya MacBook Pro yang flat pada semua sisi namun dalam form factor khas MacBook Air yakni thin and light dengan ketebalan hanya 1,1 cm dan bobot 1,1 kg. Desain yang tipis ini menyebabkan Apple tidak dapat menyematkan banyak port seperti pada MacBook Pro. Sebut saja 2 port Thunderbolt 4 di kiri dan 1 combo audio jack 3.5 mm di kanan. Meskipun minim port, untuk urusan charging Apple sudah meng-upgrade MacBook Air M2 menggunakan teknologi MagSafe 3 dengan hadirnya port tersebut di sebelah kiri bodi yang dapat digunakan untuk fast charging hingga 67 watt. MacBook Air 2022 hadir dalam 4 warna yaitu Silver, Space Gray, Starlight dan Midnight.


Fitur Chipset Apple Silicon M2


Salah satu produk teknologi yang diperkenalkan oleh Apple yang disematkan di MacBook Air M2 yaitu chipset Apple Silicon M2. Penerus chipset M1 ini diklaim memiliki kecepatan yang lebih tinggi dengan konsumsi daya yang lebih rendah dari pendahulunya. Tentunya hal ini dapat memperpanjang masa pakai baterai MacBook Air 2022 dan sangat cocok bagi pengguna dengan mobilitas tinggi yang terbias menggunakan laptopnya dimana saja tanpa perlu memikirkan charging.

Selain itu chipset terbaru ini diposisikan untuk upgrade dari M1, bukan dari M1 Pro, M1 Max, bahkan M1 Ultra sekalipun karena M2 didesain untuk kebutuhan komputasi daily user berkecepatan tinggi dan efisiensi daya yang sangat irit. Performa M2 dapat lebih kencang hingga 20% daripada versi sebelumnya yang menggunakan M1 dan hingga 5x lebih kencang dari versi Intel Core i5 gen-8.

Performa MacBook Air M2 Dibandingkan Generasi Sebelumnya

Berangkat ke sektor layar, ini merupakan salah satu upgrade besar dari pendahulunya. Pasalnya Apple menyematkan layar seluas 13.6" dengan teknologi Liquid Retina Display dan True Tone. Menurut klaim Apple, MacBook Air terbaru ini mampu menampilkan detail warna hingga 1 miliar warna. Screen-to-body ratio-nya juga makin luas dengan bezel tipis di keempat sisinya yang mana membuat MacBook Air 2022 mempunyai "jidat" untuk menampung webcam Full HD 1080p seperti pada MacBook Pro 14" sebelumnya sehingga resolusi video lebih detail. Ini merupakan upgrade yang sangat bagus mengingat MacBook Air pendahulunya hanya dilengkapi webcam HD 720p.

MacBook Air M2 base model memiliki RAM 8 GB dan storage 256 GB yang dapat dikustom sesuai kebutuhan tentunya dengan harga yang bervariasi. Mengingat betapa smooth-nya MacOS, sepertinya RAM 8 GB sudah cukup untuk kebutuhan kantor atau sekolah hingga editing video simpel. Storage 512 GB dapat menjadi pilihan yang lebih baik agar kapasitas penyimpanan lebih lega sehingga dapat digunakan untuk jangka panjang.

Highlight Fitur-fitur MacBook Air M2

Untuk base model dengan RAM 8 GB dan storage 256 GB, Apple membanderol MacBook Air M2 senilai USD 1199 atau lebih tinggi USD 200 dari MacBook Air M1 pada awal waktu penjualan. Hal ini membuat posisi MacBook Air M1 masih sangat affordable untuk direkomendasikan dan tidak langsung bisa tergantikan. Namun jika belum memiliki MacBook sebelumnya dan ingin merasakan teknologi terbaru milik Apple, MacBook Air M2 ini bisa menjadi pilihan terbaik. Untuk varian lain dan harganya, kamu bisa check di web Apple → MacBook Air 2022

Kira-kira berapa harganya ketika sudah masuk di Indonesia ya guys? Coba kalian tulis di kolom komentar. Sekian recap tentang MacBook Air M2 yang merupakan MacBook pertama yang menggunakan chipset M2. Semoga bermanfaat untuk menambah pengetahuan dan wawasan kalian tentang gadget dan teknologi dari Apple. Share jika bermanfaat, sampai ketemu di tulisan saya selanjutnya, adios!

Posting Komentar untuk " Apple Merilis MacBook Air M2, MacBook Pertama dengan Chipset M2"